Analisa Kerusakan pada Komputer PC

Selamat malam sobat bloggers, gua punya postingan baru nih yaa semoga aja bisa bermanfaat dan membantu agan-agan kalau seumpama komputer agan sedang ngadat, hhehehe...
okelah silahkan dibaca saja yaa.. 

1. Masalah komputer mati total
Permasalahan yang sering terjadi adalah komputer mati, ketika power dinyalakan komputer hanya diam seribu bahasa.

Solusinya adalah: Cek kabel power cpu yang tersambung di steker PLN, cek stavolt apakah normal atau mati.


2. CPU menyala tapi gambar di monitor terlihat gelap / tidak tampil
untuk permasalahan ini ada dua opsi masalah, yang pertama monitornya memang bermasalah dan yang kedua cpunya yang bermasalah.

Permasalahan pertama :
Check kondisi monitor apakah rusak atau tidak, cara mengechecknya yaitu nyalakan monitornya lalu cabut kabel yang tersambung antara CPU dan monitor (kabel data/video) jika monitor mengeluarkan gambar OSD (on screen display) atau lebih gampangnya gambar gerak atau peringatan tidak ada koneksi, berarti monitor tidak bermasalah.

Permasalahan kedua :
Coba menekan tombol reset dan pastikan semuanya dimulai dari awal. (Restart ulang komputer)

Permasalahan ketiga :
Cabut dan bersihkan Ram (Random Access Memory) dengan penghapus, cukup dibersihkan piringan kuningnya saja dengan penghapus setelah itu pasang kembali, jika masih tidak bisa ganti ke slot sebelahnya.

Permasalahan keempat :
Jika anda memakai Vga eksternal coba cabut vga tersebut dari motherboard kemudian pakai vga on board bawaan dari komputer.

3. Keluar bunyi beep / tit
Bunyi beep atau tit adalah fasilitas analisa yang sudah ada didalam motherboard yang di gunakan untuk menganalisa kerusakan motherboard, biasanya bunyi yang dihasilkan ada 3 jenis bunyi,

Pertama :
Bunyi beep / tit satu kali yang menandakan kondisi komputer kita berjalan dengan normal.
Kedua : 
Bunyi beep panjang 1 kali dan terus menerus menandakan ada masalah ada ram / memory komputer kita.
Ketiga :
Bunyi beep pendek 2 kali menandakan ada masalah di bagian VGA card

Solusinya adalah : Untuk masalah kedua bunyi bep 1 kali kita lepas memori (ram) kita dan kita bersihkan dengan penghapus pensil pada kaki tembaga memory kita. Untuk masalah kedua bunyi bep pendek 2 kali kita cabut vga card, bersihkan dan coba pasang kembali vga card ke slotnya pastikan pemasangannya pas.

4. komputer sering restart setelah 5-10 menit beroperasi
Masalah ini sering terjadi karena processor mengalami panas yang berlebihan (overheat) yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada processor kita

Solusinya adalah: Cek kondisi kipas heatsink (pendingin) bila terlihat kotor segera bersihkan, berikan pasta (compound) pada processor agar panas processor dapat cepat diserap oleh heatsink.

Mungkin hanya ini saja yang bisa gua bantu untuk agan-agan sekalian, mohon maaf apabila gua kurang membantu agan-agan nih, masih newbi maklum..
semoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates: