Etika Penulisan E-mail:
1. Jangan Terlalu Banyak Mengutip
Hati-hati dalam memberikan e-mail balasan (reply). Fasilitas reply dari sebagian besar mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang relevan saja.
2. Perlakukan E-mail Secara Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan secara pribadi,anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok atau mailinglist. E-mail pada dasarnya adalah alat untuk komunikasi personal.
3. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Seperti halnya membaca surat kabar atau surat pos, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Disamping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan e-mail/chating, penggunaan huruf besar bisanya dianggap berteriak, walaupun hanya untuk memberi tekanan pada maksud yang akan disampaikan.
4. Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan membicarakan orang lain atau pihak lain, apalagi membicarakan kejelekan-kejelekannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama Forward. Fasilitas ini mengizinkan si penerima e-mail untuk meneruskan (Forward) isi e-mail tersebut ke orang lain.
5. Jangan Gunakan Cc
Jika anda ingin mengirim e-mail ke sejumlah orang (misal di milis), jangan cantumkan nama-nama pada kolom Cc. Jika anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e-mail akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan Bcc (Blind Carbon Copy). Dengan ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
6. Jangan Gunakan Format HTML
Jika anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan lain, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa program e-mail rekanmu bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan sama sekali tidak terbaca atau kosong.
7. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pertanyaan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua atau tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi menjawab pesan e-mail yang panjang lebar dalam satu kata: "Good" . Jawaban ini sangat menyebalkan.