Cara Membuat Flashdisk Bootable Menggunakan Rufus (Update 2019)

Selain bisa menggunakan CD/DVD untuk menginstall komputer, anda juga bisa menggunakan flahsdisk sebagai media bootable. Bootable melalui flashdisk ini juga bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki notebook tapi tidak dilengkapi dengan DVD-ROM atau tidak memiliki DVD-ROM. Dan disini saya menggunakan tools yang bernama Rufus.

Sekilas tentang Rufus : Rufus adalah tools yang bisa anda gunakan untuk membantu anda dalam memformat dan membuat perangkat USB flashdisk menjadi bootable. Rufus juga terkenal sangat cepat dalam membuat USB flashdisk bootable dan memiliki ukuran yang kecil hanya 1MB.

Note: Backup dahulu data yang ada di dalam falshdisk jika data tersebut penting.

Dan berikut ini adalah cara membuat flashdisk bootable menggunakan software Rufus :

1.  Siapkan file ISO (file mentahan windows 7/8/10) yang ingin anda install.

2.  Siapkan 1 buah Flashdisk dengan ukuran minimal 4GB.

3. Siapkan juga 5oftware untuk membuat bootable flashdisknya, yaitu rufus. Silahkan anda download dahulu 5oftware rufusnya.

4. Colok flashdisk ke komputer setelah itu jalankan Rufus nantinya flashdisk akan otomatis terdeteksi. Untuk lebih pasti coba anda cek dibagian "Device" apakah sudah benar atau tidak.

5. Masuk ke langkah selanjutnya disini ada menu "Boot selection" dan di pojok kanan terdapat tombol select, silahkan anda pilih menu "Select" dan cari lokasi file ISO yang ingin digunakan untuk Bootable flashdisk dan nantinya  setelah memilih lokasi file ISO berada maka otomatis Volume label akan berganti sesuai dengan ISO tersebut. 

6. Untuk memulai proses klik Start dan sebelum prosesnya berlangsung akan muncul notifikasi yang menanyakan bahwa seluruh data pada flashdisk akan dihapus, klik ok untuk melanjutkan.

7. Tunggu prosesnya sampai selesai, setelah selesai anda boleh menutup rufus dan flashdisk siap digunakan sebagai media bootable.

Selain rufus banyak 5oftware lainnya yang bisa anda gunakan seperti WinToFlash, Yumi ataupun Windows 7 DVD/ USB Tool. Seperti itulah cara membuat USB bootable menggunakan flashdisk, semoga bermanfaat, terimakasih. Jika ada pertanyaan silahkan tanya di kolom komentar. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: