Manfaat dan kegunaan Disk Defragment (Update 2019)

Disk defragmenter adalah suatu program yang berinduk pada sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Jika anda membuka file apa pun itu maka secara automatik windows akan bekerja atau mengambil ruang secara automatik dalam penempatan space atau bagian partition dalam hardisk.

Lalu apa kegunaanya?
Kegunaan dari disk defragment sendiri yaitu untuk menjaga kestabilan PC dan harddisk karena defragment mampu merapihkakan file-file windows dan juga boot sector dalam harddisk ataupun error program, jadi windows yang kita pakai tetap berjalan dengan lancar dan stabil. 

Jadi dengan tools disk defragment ini windows kita menjadi lebih cepat dan juga stabil. Manfaat lainnya disk defragment ini juga membantu memperpanjang usia pemakaian harddisk anda. kenapa? karena harddisk tidak perlu bekerja keras membaca file-file windows yang berantakan.

Windows sendiri tidak dapat menguruskan kembali file-file secara automatik (tanpa bantuan defragment) file yang telah di delete, di copy maupun dibuka. Maka dengan itu windows menyediakan recent documents (open file history) dan system restore point untuk mengulangi jika dalam proses defragment tidak dapat ditata kembali.


Biasanya file-file di hardisk kita tidak beraturan mungkin karena pengaruh sering install program yang tidak selalu di gunakan, menutup aplikasi secara tidak normal (hang), mengcopy dan menghapus atau memindahkan file, dan berbagai aktivitias managemen file lain. 

Oleh karena file tersebut jika di andaikan lembaran-lembaran kertas, maka sebagian merupakan filel – file atau kertas kerja anda dirumah jika tidak di kemas selama 1 tahun atau jika tidak diatur ia akan berselerak di dalam almari atau meja anda. Demikian pula windows akan mengatur file sistem, file aplikasi, dan file data ke dalam lokasi-lokasi tertentu di dalam hardisk sehingga memudahkan windows mencari file-file yang diperlukan. Jadi jangan lupa untuk mendefrag harddisk anda agar tetap optimal dan awet tentunya.

(Update 2019)
Anda tidak perlu melakukan Disk Defragment di Harddisk SSD, karena harddisk keluaran terbaru yang berteknologi SSD tidak menggunakan pola berputar seperti harddisk keluaran lama, jadi secara waktu dia lebih cepat karena tidak membutuhkan waktu lama saat membaca data dari tempat manapun dalam drive tersebut.

Subscribe to receive free email updates: