Rakit sendiri PC gamingmu dengan harga terjangkau

       
Tidak dapat dipungkiri bahwa dijaman milenial sekarang ini PC merupakan salah satu media yang hampir ada disetiap kegiatan, baik itu sebagai media hiburan, pekerjaan kantor/kuliah ataupun untuk bermain game.Sayangnya, memilih komputer yang tepat untuk PC gaming bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi tidak semua PC mampu memainkan game dengan baik, perlu spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dari PC pada umumnya. Berbagai aspek juga perlu kamu perhatikan jika tidak ingin rugi mengeluarkan banyak uang hanya untuk komponen yang ternyata tidak kompatibel alias tidak cocok satu dengan yang lainnya. 

Melihat perkembangan jaman dan peluang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dari PC inilah yang membuat saya memutuskan untuk memberikan panduan dan informasi tentang membeli PC gaming yang cocok untuk anda. Dari segi budget yang kita punya rata-rata Mid End maka dibuatlah spesifikasi komputer dengan harga yang terjangkau. Untuk memudahkan anda, berikut panduan yang mungkin bisa membantu anda yang ingin membeli PC gaming baik untuk diri sendiri ataupun untuk keperluan usaha.

Hal-hal yang perlu diperhatikan, ialah :


1. Motherboard
Motherboard merupakan hal yang terpenting karena merupakan tempat peletakan komponen PC gaming. Saya sarankan untuk menggunakan "minimal" Socket LGA 1151 dan chipset H110 dari gigabyte saja sudah cukup. Motherboard tipe tersebut sudah mendukung berbagai jenis processor mulai dari Intel Core i3, core i5 dan core i7. Dengan tipe memory DDR4 yang mampu memiliki kecepatan 2.133 Mhz (bisa dicapai dalam mode overclock). 

Maaf ini bukan iklan atau promosi yaa tapi saya hanya menyarankan dari segi pandangan saya saja hehe :) Silahkan cek dan browsing spesifikasi tersebut di Bhinneka.com atau tempat yang sudah anda percaya sebelumnya. (Lihat spesifikasi selengkapnya). (IDR -/+ 1,3 Jt).




2. Processor
Dari segi otak komputer saya menyarankan Intel Core i3 (i3-7100). Processor ini telah dibekali dengan 2 buah inti core (dualcore) yang memiliki kecepatan masing-masing 3.9 Ghz. support untuk memori DDR4-2133/2400, dan DDR3L-1333/1600 (Lihat spesifikasi selengkapnya). (IDR -/+ 1,8 Jt).
3. VGA
Kartu grafis atau yang biasa disebut dengan istilah VGA juga sangat berpengaruh terhadap visualisasi video game yang anda mainkan. Apabila VGA tidak mendukung maka gambar pada game akan terlihat patah-patah (lag) dan yang lebih parah bisa menyebabkan Blue Screen pada PC anda. Saya sarankan untuk menggunakan VGA yang mumer alias murah meriah dengan spesifikasi yang mumpuni untuk bermain game seperti DOTA, PointBlank dll. Yaitu VGA Nvidia GeForce GT730 dengan memori VGA sebesar 2GB (DDR3) dengan resolusi 2560x1600 saya rasa sudah cukup untuk menopang bermain game anda. (Lihat spesifikasi selengkapnya). (IDR -/+ 850K).




4. Memory (RAM)
Memory (RAM) juga beperan besar terhadap permainan game anda. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara dari harddisk. Apabila RAM tidak mendukung maka game akan cenderung patah-patah (lag) dan hal ini tentunya sangat mengesalkan bukan. Saya menyarankan untuk anda menggunakan RAM V GEN 4GB PC12800, anda bisa menggunakan dual RAM masing-masing 4gb atau cukup dengan single RAM saja 4GB. Kenapa saya memilih VGEN dan tidak merek lainnya? Yah kembali lagi kepada anda yang punya budget bila anda mempunyai budget berlebih bisa membeli RAM seperi Corsair dll, kalau menurut saya sendiri RAM VGEN pun sudah cukup, apalagi dengan garansinya. (hehehe maaf bukan promosi lagi yaa :D.) Anda bisa mencari harga terbarunya digoogle, saat saya membuat postingan ini harga RAM tersebut ialah (IDR -/+ 400K).




5. Harddisk 
Harddisk juga berperan penting dalam permainan game anda, harddisk sendiri berfungsi sebagai tempat penyimpanan segala data game. Saya tidak begitu mengetahui teknologi harddisk terbaru tapi saya rasa Harddisk 1 Tera sudah lebih dari cukup untuk melengkapi komponen PC gaming anda. (IDR -/+ 600K).




6. Power Supply (PSU) 
Untuk menajaga agar komponen yang lain pada PC anda tetap awet dan juga untuk mengoptimalkan permainan game anda, maka anda perlu membeli PSU yang baik untuk PC gaming anda. Cooler atau yang biasa disebut power supply sebenarnya sudah ada didalam cassing PC saat kita membeli sebuah casing pada PC. Namun memakai PSU bawaan cassing kurang optimal disebabkan beberapa faktor. Akan lebih baik jika anda memakai PSU terbaik yang ada dipasaran saat ini seperti Cooler Master, Corsair, Enlight dan lain sebagainya yang sudah memiliki sertifikat 80+. Pada kesempatan yang akan data insyallah saya juga akan membuatkan postingan mengenai Cara memilih Power Supply yang bagus untuk komputer anda.

Demikian beberapa tips dan informasi yang bisa saya berikan untuk pembaca, semoga bisa menjadi referensi bagi anda dalam memilih komputer ya :)  Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: