Inilah Hal yang Harus Dilakukan Seorang Pilot Sebelum Take Off


Saya ucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di Karawang Jawa Barat. Awal mula pesawat take off dari Bandara Soekarna Hatta pada senin (29/10) sekitar pukul 06.20 WIB dan diperkirakan tiba di Pangkalpinang pukul 07.20 WIB. Namun Jakarta Control kehilangan kontak pada pukul 06.32 WIB. Sumber: Detik.com

Dan pada postingan kali ni saya akan membahas tentang hal yang harus dilakukan seorang pilot sebelum take off. Ada  berbagai macam persiapan yang harus dilakukan diantaranya :

1. Weather condition depature and destination, Yaitu pilot dibreafing mengenai baik/buruknya kondisi cuaca pada saat keberangkatan ketempat tujuan. Bila cuaca baik dan pilot telah mendapatkan ijin untuk terbang, maka selanjutnya adalah 

2. Walk around, yaitu berjalan berkeliling pesawat untuk memastikan tidak ada yang cacat di tubuh pesawat.

3. Electrical power up checklist, yaitu mengecek sumber kelistrikan dari pesawat tersebut.

4. Pre elemenary preflight

5. CDU preflight, yaitu memasukkan flight plan ke dalam komputer.

6. Preflight, yaitu memastikan semua tombol pada tempat semestinya.

7. Taxy and taxe off breafing

8. Before start checklist, yaitu mengecek semua tombol dan tools dalam pesawat berfungsi dengan baik. 

9. Before taxy checklist, yaitu persiapan untuk taxy (Taxiing) sedang jalan di darat/run away.

10.
 Before take off checklist, yaitu persiapan untuk take off (lepas landas).

Selain persiapan 10 di atas, seorang pilot juga harus tahu berapa banyak bahan bakar yang harus dibawa (sesuai jarak tempuh tujuan) dan menghitung perkiraan beban untuk take off. Seorang pilot juga diberikan beberapa dokumen seperti: flight plan, license, buku prosedur (non normal, checklist, dll), load sheet serta seorang pilot wajib melakukan medical check up setiap 6 bulan sekali guna memastikan bahwa pilot tersebut selalu sehat. 

Tidak sembarangan dalam menerbangkan pesawat. Keadaan pesawat harus benar-benar ready dan keadaan pilot itu sendiri harus diperiksa sebelum take off. Dengan begitu diharapkan penerbangan berjalan lancar aman dan selamat sampai ke tempat tujuan.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan bila ada yang salah dalam penulisan saya mohon maaf dan bisa anda coment di kolom komentar, semoga bermanfaat terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: