Tes Kecepatan Websitemu Menggunakan Tools Ini

Kecepatan suatu website dalam membuka halaman menjadi peranan penting untuk anda perhatikan, khususnya bagi anda yang terjun di dunia bisnis online seperti website maupun blogger. Bagaimana tidak, jika kecepatan website anda terasa berat/lemot tentu saja pengunjung malas untuk singgah di website anda. Otomatis traffic pengunjung anda menjadi berkurang akibat website anda yang berat. 

Survey menyebutkan bahwa rata-rata 1 dari 5 pengunjung menyukai website yang konten loadingnya dapat dimuat dalam 3 detik sedangkan jika lebih dari waktu tersebut maka pengunjung akan meninggalkan website anda.  Faktor kecepatan website juga menjadi salah satu hal yang sangat penting karena berguna untuk meningkatkan SEO pada website anda.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah website diantaranya :
1.   Koneksi internet yang digunakan
2.   Server hosting yang digunakan pada website tersebut
3.   Penggunaan file seperti gambar/video dan gadget yang berlebihan.
4.   Source theme yang digunakan.
5.   Dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, disini admin sudah menyediakan berbagai macam tools yang bisa anda gunakan untuk mengecek kecepatan website anda, Diantarnya ada :

1.  Google Page Speed Insight
Google page speed insight adalah tools gratis yang bisa anda gunakan untuk mengecek kecepatan loading website anda. Tools ini mengukur kinerja sekaligus mengukur kecepatan suatu website dengan nilai antara 0-100 baik website dalam seluler maupun dekstop. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu anda hanya perlu mengisikan url website yang ingin anda cek kecepatannya lalu klik analisis.



Dan lihat hasil scorenya, disana sudah tersedia informasi mengenai kualitas website yang tadi anda cek. Contoh disini admin menggunakan alamat web admin sendiri dan nanti seperti inilah hasilnya disana terdapat score dan juga informasi yang tertera mengenai website yang anda masukkan.



2.  GTmetrix.com
GTmetrix.com adalah salah satu tools online gratis lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengecek kecepatan loading website saat dibuka. Tools ini merupakan gabungan dari tools milik Google dan Yahoo. Cara penggunaanya sama dengan menggunakan google page speed, anda hanya perlu memasukkan url wibesite yang ingin anda cek dan setelah itu klik go.



Selain kedua tools di atas masih banyak lagi tools-tools lainnya yang bisa anda gunakan, seperti web page test, monitis, uptrends.com dan lain sebagainya. Selamat mencoba. Demikian informasi yang bisa saya saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: