Buah-buahan yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Penyakit darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi medis yang umum dan dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Seseorang dinyatakan mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) jika memiliki tekanan darah pada angka 140/90 atau lebih. Jika tidak ditangani dengan baik penderita tekanan darah tinggi bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa seperti serangan jantung dan stroke.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan penyakit darah tinggi ini adalah dengan memulai gaya hidup sehat dan menjaga pola makan yang baik termasuk dengan rutin mengonsumsi buah-buahan. Diantara banyak buah, ada beberapa buah yang dianjurkan para dokter untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi, antara lain :

1. Semangka


Pilihan pertama ada dibuah semangka yang kesegarannya tak perlu diragukan lagi. Buah yang satu ini sangat mudah untuk kita temui dan harganya pun terbilang ramah di kantong. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semangka mengandung senyawa bernama L-citrulline dan L-arginine yang dapat membantu memperlebar pembuluh darah. Kondisi pembuluh darah yang melebar akan memperlancar aliran darah di dalam tubuh yang akhirnya tekanan darah akan kembali normal.

2. Pisang

Buah lain yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi adalah pisang. Pisang merupakan salah satu buah
 yang kaya akan kalium. Kandungan kalium yang ada di dalam pisang dapat membantu pembuluh darah tetap elastis, sehingga mencegah peningkatan tekanan darah.

Dalam satu buah pisang  ukuran sedang dengan berat sekitar 100 gram, mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang Anda butuhkan setiap hari. Selain itu pisang juga mampu membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah. Untuk itu mulailah konsumsi pisang setiap hari.

Pisang yang direkomendasikan untuk penderita tekanan darah tinggi adalah jenis pisang tanduk, pisang ambon, pisang merah dan pisang mas.


3. Kiwi

Kiwi  merupakan salah satu buah yang dianjurkan sebagai obat penurun teknana darah tinggi paling ampuh. Kandungan satu buah kiwi mengandung kalium, vitamin K dan serat. Kalium membantu mengurangi efek natrium pada tubuh, sementara serat membantu menjaga berat badan. 

Buah kiwi juga kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

4. Alpukat

Buah alpukat mengandung potasium dan lemak baik, dan juga kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain mengandung lemak baik, alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda.

Tips dalam mengupas buah aplukat kupaslah sampai hanya menyisahkan kulitnya saja karena kandungan berbagai senyawa yang baik bagi tubuh tepat berada dibawah kulit aplukat.

5. Buah Beri


Keluarga buah beri (stroberi, blueberry, raspberry) memiliki manfaat sebagai penurun tekanan darah tinggi. Menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa keluarga buah beri memiliki kandungan flavanoid. Kandungan flavanoid ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif. 

6. Jeruk


Buah jeruk dan jeruk nipis serta jeruk bali mengandungan flavanoid, serat dan vitamin C. Seperti yang sudah dijelaskan di atas kandungan flavanoid dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sementara serat dan vitamin C mendukung kesehatan jantung.

Selain buah-buahan yang sudah disebutkan di atas ada beberapa buah yang dipercaya juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi antara lain :
- Delima
- Apel
- Mangga
- Anggur

Dengan memakan berbagai buah-buahan yang sudah disebutkan diatas, tentunya menjaga pola makan dna berolah raga sehari-hari juga tidak boleh luput dari perhatian. Mari bersama-sama menjadikan konsumsi buah-buahan sebagai langkah pertama menuju hidup sehat dan bebas dari risiko penyakit darah tinggi.

Kesehatan kita adalah investasi berharga yang perlu diperhatikan setiap hari. Demikian artikel ini semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: