Pentingnya Quality Time Antara Anak dan Ayah

Merawat dan membesarkan anak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan kesabaran dan partisipasi dari kedua orang tua dalam merawat si kecil. Tugas pokok seorang ayah selain mencari nafkah bagi keluarga juga harus mampu membagi waktu untuk keluarga, ingatkan sang ayah agar selalu memberikan perhatian dan waktu bermain bersama si kecil. 

Dalam sebuah artikel di telegraph.co.uk menyebut tumbuh kembang anak termasuk kecerdasan, percaya diri dan perilaku baik bisa muncul berkat peran seorang ayah. Jadi ternyata bukan hanya seorang ibu yang memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak. 

Melainkan seorang ayah juga mempunyai peran yang sama seperti ibu dalam merawat anak. Seorang ayah dipercaya mampu mendukung kebahagian si kecil. Lantas apa saja sih manfaat dari quality time antara anak dan ayah? Mari simak fakta berikut ini :

1. Menghilangkan sifat buruk pada anak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika ayah tidak meluangkan waktu yang cukup di rumah untuk bermain bersama anak, anak akan cenderung mempunyai perilaku agresif, tertutup dan memiliki kebiasaan tidak baik. 

Sementara itu jika ayah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, anak bisa berbincang dan bercerita tentang berbagai hal. Mulai dari hal-hal yang sederhana seperti cerita sehari-hari, hingga membicarakan hal-hal yang mereka rasakan atau pikirkan. Hal ini akan menjadi anak cenderung lebih terkontrol emosinya dan terbuka, sehingga mendukung tumbuhnya perilaku baik pada anak.

2. Memiliki IQ yang lebih tinggi

Menurut seorang akademisi dari University of Newcastle, terlepas dari kecerdasan seorang ayah, anak yang sering menghabiskan waktunya bersama sang ayah akan menjadikannya lebih cerdas.

Bahkan dalam seuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 telah mengungkapkan pengamatannya terhadap 11 ribu orang dengan usia 50 tahun yang mengaku ayahnya terlibat banyak selama masa kecilnya, menjadikan anak memiliki skor IQ lebih tinggi. 

Oleh sebab itu, penting bagi seorang ayah untuk sebisa mungkin menyisihkan waktu tinggal dirumah untuk bermain dengan si kecil dan mendampinginya ketika belajar.

3. Membangun rasa percaya diri pada anak

Semakin banyak si kecil menghabiskan waktu bersama dengan ayah baik sendiri maupun bersama dengan ibu, bisa membangun rasa percaya diri pada seorang anak. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh akademisi di Pennsylvania State University di tahun 2012 mengungkapkan bahwa, 200 keluarga yang melibatkan ayah untuk anaknya, membuat si kecil menjadi bisa lebih berkembang. Hal in disebabkan karena ayah mereka mencurahkan perhatian penuh.

Itu dia manfaat dari quality time ayah dan anak. Quality time memang menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan oleh orang tua dan anak, karena dapat membangun hubungan yang erat dan harmonis. Demikian semoga artikel ini bisa bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: