Social Media Specialist : Gaji, Jobdesk dan Skill Yang Harus Di Miliki

Di era digital seperti sekarang ini banyak brand dan perusahaan yang menggunakan sosial media sebagai ajang promosi, pemasaran dan pengenalan produk. Oleh karena itu Social Media Specialist merupakan pekerjaan yang dibutuhkan hampir di semua perusahaan dan bidang industri saat ini. 

Lantas apa sih yang dimaksud dengan Social Media Specialist itu? 

Dilansir dari Betterteam, Social Media Specialist merupakan posisi yang fokus pada menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk semua platform media sosial perusahaan tempatnya bekerja. Mereka melakukan ini dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat usaha marketing serta meningkatkan angka penjualan.

Seorang social media specialist wajib untuk membuat konten dalam berbagai jenis format agar sesuai dengan karakteristik setiap media sosial. Dengan begitu konten yang dihasilkan lebih bervariasi dan tepat sasaran.

Umumnya social media specialist bekerja sama dengan tim digital marketing dan creative untuk merancang strategi terbaik yang bisa di aplikasikan di setiap media sosial guna menggapai target audients yang di inginkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Social Media Specialist:

1. Menyusun content plan untuk semua media sosial sesuai dengan brand perusahaan.
2. Menciptakan konten yang bernilai dan konsisten dalam membuat konten di semua media 
    sosial perusahaan.
3. Mengelola semua media sosial perusahaan.
4. Berinteraksi dengan followers di media sosial.
5. Menyusun program kerja sama dengan influencer atau datang ke event-event tertentu.
6. Menganalisa dan membuat laporan performa media sosial perusahaan.
7. Membuat laporan perkembangan media sosial perusahaan secara rutin.
8. Membuat rekomendasi dan strategi baru untuk media sosial marketing yang lebih baik.
9. Up to date dengan perkembangan tren dan fitur baru media sosial.

Ternyata tugas seorang Social Media Specialist ada banyak, bukan hanya sekedar upload konten dan berinterkasi dengan followers saja loh. Lalu bagaimana dengan kisaran gaji Social Media Specialist?


Gaji Social Media Socialist

Berdasarkan beberapa sumber, gaji Social Media Specialist pemula di Indonesia tahun 2023 rata-rata berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000 juta per bulan. Sementara untuk berpengalaman berkisar Rp 6.000.000 - Rp 8.000.000 juta per bulan. Namun apabila sudah ada lebih banyak pengalaman gaji Social Media Specialist ini bisa mencapai Rp 12.000.000 - Rp 19.000.000 juta per bulannya.


Skill Yang Harus Dimiliki Social Media Specialist:

Secara umum profesi Social Media Specalsit ini tidak terlalu mementingkan latar belakang pendidikan. Namun untuk bisa bekerja sebagai Social Media Specialist kamu wajib punya skill berikut ini:

1. Menguasai Berbagai Media Sosial
Namanya saja social media specialist, jadi kamu wajib menguasai berbagai macam platform media sosial. Paling tidak, kamu memiliki minat yang besar dalam menggunakan media sosial. Selain itu kamu juga harus menguasai teknologi terbaru dan selalu mengikuti perkembangan tren selama bekerja. Contoh seperti penggunaan Hastag serta konten yang sedang populer saat ini.

2. Memahami Tools Yang Diperlukan
Guna mendukung pekerjaan kamu, kamu juga wajib memahami tools yang ada untuk media sosial seperti Google Analytics, Hootsuite, Facebook Creator Studio dan tools-tools lainnya.

3. Kemampuan Komunikasi
Social Media Specialist akan bekerja sama dengan berbagai pihak dalam pembuatan konten dan pengelolaan media sosial. Oleh karena itu kemampuan komunikasi baik lisan maupun tulisan ini juga wajib kamu kuasai agar semua pekerjaan dan kerjasama tim dapat dilkakukan dengan baik.

4. Berpikir Kreatif
Setiap Brand pastinya menginginkan konten yang menarik dan unik sehingga bisa menjadi nilai tambah dalam brand mereka. Untuk mewujudkannya dibutuhkan kreativitas yang tinggi karena social media specialist harus menyiapkan strategi konten yang menarik dan relevan dengan tren terbaru setiap saat. 

Kamu dapat menemukan ide-ide kreatif dengan melakukan riset, mengamati konten kompetitor, melakukan braimstorming dengan tim atau lain sebagainya.

5. Kemampuan Menulis
Social Media Specialist menyampaikan pesan kepada audiens dalam bentuk konten digital di berbagai platform media sosial. Bisa berupa foto, video atau bentuk lainnya. Oleha karena itu, kamu perlu menguasai keterampilan menulis terutama copywriting. Karena konten yang dibagikan di media sosial biasanya lebih singkat padat namun pesannya tetap jelas tersampaikan.

6. Manajemen Waktu Yang Baik
Seperti yang sudah kamu ketahui, Social Media Specialist tidak hanya mengelola satu media sosial saja melainkan banyak media sosial yang harus di kelola. Terlebih lagi ada tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang social media specialist. Ini berati ada banyak pekerjaan yang menunggu kamu untuk dikerjakan. Jadi kamu harus bisa mengelola waktu dengan baik agar pekerjaan kamu bisa terselesaikan tepat waktu.

7. Memiliki Pengetahuan Dasar Tentang Desain Dan Visual
Guna menunjang pekerjaan, seorang social media specialist juga harus mempunyai pengetahuan dasar tentang desain. Paling tidak kamu tahu cara menggunakan wordpress, blogger dan mempunyai selera visual yang baik karena akan bekerja sama dengan tim desain nantinya.

8. Mampu Berpikir Cepat
Tren sosial media akan terus berganti seiring waktu dari hari ke hari, karena itu kamu juga harus mempunyai kemampuan berpikir cepat dalam mencari ide-ide yang kreatif agar bisa membuat konten dengan tren media sosial yang sedang viral saat ni.

Kalau kamu tidak berpikir cepat, kemungkinan besar kamu akan ketinggalan dengan tren media sosial yang ada saat ini, alhasil kualitas konten kamu akan begitu-begtu saja dan jadi monoton serta tidak menarik bagi audients.

9. Kemampuan Storytelling
Story telling adalah proses seseorang menyampaikan sebuah cerita fakta yang dibumbui dengan imajinasi agar menjadi lebih menarik bagi audients. Dengan kemampuan ini kamu bisa menyampaikan sebuah pesan secara lebih jelas, mudah di pahami dan lebiih menarik.


Demikian pembahasan tentang social media specialist. Semoga bisa bermanfaat. Kalau kamu tertarik dan ingin bekerja pada posisi ini mulai asah kemampuanmu dari sekarang ya. Semangat!





Subscribe to receive free email updates: