Business Development, Jobdesk Gaji dan Skill Yang Harus Di Miliki


Sebagian orang mungkin masih asing dengan profesi yang satu ini, sehingga banyak pertanyaan yang sering muncul, yaitu apa sih business development dan peranan nya di dalam sebuah perusahaan?

Bahkan bagi sebagian orang masih beranggapan bahwa business development adalah profesi yang sama dengan sales. Padahal profesi business development memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan profesi sales. Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Business Development ?

Business Development adalah profesi yang bisa dikatakan "sales development" tugasnya membantu pengembangan perusahaan dibidang strategi dan target jangka panjang perusahaan. business development akan membantu perusahaan dengan memberikan ide, inisiatif dan kegiatan yang profitable melibatkan keterampilan penelitian kebutuhan bisnis, riset pasar dan pesaing serta mengumpulkan dan menganalisis data lebih lanjut.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, seorang business development harus memiliki strategi dan taktik dalam jangka panjang demi berkembangnya perusahaan tersebut. Business development merupakan perpaduan antara analisis strategi bisnis, pemasaran, penjualan, hingga analisis finansial atas suatu pengembangan produk, jasa, atau nilai perusahaan.

Dengan performa business development yang baik, maka perusahaan bisa lebih unggul daripada kompetitor lainnya. Untuk itu, penguasaan akan pengembangan bisnis dan peningkatan nilai perusahaan sangat diperhatikan dalam business development.

Selain itu business development akan dituntut melakukan analisis tren yang sedang ramai saat ini agar bisa menciptakan strategi bagaimana bisnis bisa berkembang di jalur yang benar.

Jobdesk Business Development

Setelah mengetahui pengertian business development kini saatnya untuk mengetahui jobdesk dan tanggung jawab seorang business development :

1. Mencari peluang pelanggan baru dan menjaga relasi antara pelanggan atau klien.
2. Melakukan riset pasar dan target perusahaan.
3. Bekerja sama dengan divisi lain dalam memenuhi kebutuhan pasar atau klien.
4. Menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan.
5. Memahami produk dari perusahaan, kompetitor dan posisi bisnis di dalam pasar.
6. Memberikan laporan perkembangan bisnis secara berkala kepada atasan.

Gimana? tertarik menjadi seorang business development? Simak skill yang dibutuhkan untuk seorang business development dibawah ini.

Skill Yang Harus Di Miliki Seorang Business Development

1. Kemampuan Komunikasi
Seorang business development tidak hanya bekerja dibalik layar saja, oleh karena iseorang business development dituntut untuk mempunyai kemmapuan komunikasi yang baik karena kamu akan berkomunikasi dengan klient, tim dan juga presentasi dihadapan atasan dan klien.

2. Marketing
Layaknya seorang sales, business development juga banyak bekerja dibidang marketing untuk mempromosikan produk ataupun jasa. Karena itu seorang business development dituntut untuk menguasi skill dasar dalam bidang marketing.

3. Kemampuan Negosiasi
Dalam pekerjaannya, seorang business development akan berhubungan dengan orang banyak baik itu klien yang sudah dimiliki perusahaan maupun calon klien yang memiliki potensi dengan perusahaan. Maka dari itu, seorang business development harus mengasah skill dalam bernegosiasi agar semua proyek berhasil dicapai.

4. Analisis Data
Akan banyak data yang harus di olah dan dianalisis oleh seorang business development. Dari data pertumbuhan penjualan perbulan, data investor, data klien sampai perusahaan.Oleh karena itu, kemampuan dan ketelitian analisa sangat diperlukan. Perlu diingat, data yang dimaksud bukan hanya data secara tulisan melainkan data yang berisi pola, gambar, angka bahkan rumus matematika.

5. Management Proyek
Kemampuan mengolah tim agar tetap solid dalam pemecahan masalah, karena nasib sebuah perusahaan bergantung pada kepandaian seorang business development. Segala kemungkinan harus siap dihadapi sehingga jiwa leadership sangat penting agar bisa berjalan baik dengan tim.

6. Motivasi
Menjadi seorang business development haruslah memiliki motivasi yang tinggi serta harus mempunyai tingkat kedisiplinan dalam bekerja. Business development tidak boleh menyerah dan harus mampu memenuhi target dalam keterbasan dan juga deadline perusahaan.

Gaji Business Development

Banyak yang mengatakan bahwa gaji business development sangat tinggi. Nyatanya ini memang bukan bualan belaka. Mereka yang berkarir menjadi seorang business development memang mendapat gaji di atas rata-rata karyawan lainnya.

Bukan tanpa alasan, peran seorang business development dalam sebuah perusahaan sangat penting dalam meningkatkan pemasukkan bagi perusahaan. Berikut ini adalah perkiraan besaran gaji untuk posisi business development di Indonesia:

1. Junior Business Development (0-2 tahun pengalaman) berkisar antara Rp. 5,500.000 sampai
    Rp  8.000.000 juta per bulan.
2. Business Development dengan (2-5 tahun pengalaman) berkisar antara Rp. 7,500.000
    sampai Rp.15.000.000 juta per bulan.
3. Senior Business Development dengan (5-10 tahun pengalaman) besaran gaji berkisar antara
    Rp.12,500.000 sampai Rp. 30.000.000 juta per bulan.
4. Director of Business Development besaran gaji bisa mencapai angka Rp. 100.000 juta 
    per bulan, tergantung pada ukuran perusahaan dan tanggung jawab yang lebih besar.

Demikian penjelasan singkat tentang business development. Jika kamu merasa cocok dan ingin mencoba profesi business development, maka berusahalah semaksimal mungkin. Semoga informasi ini bisa berguna bagi kamu. Semangat!





Subscribe to receive free email updates: