Cara Install Net Framework 3.5 Secara Offline di Windows 8 dan 10

Microsoft Net Framework merupakan salah satu bagian penting dalam sistem operasi windows yang digunakan untuk menjalankan dan mendukung pengembangan dan eksekusi berbagai macam bahasa pemrograman (aplikasi). Umumnya komputer hanya memiliki satu bahasa yaitu (assembly), maka ketika anda mendeveloved sebuah aplikasi dengan bahasa .Net komputer tidak akan memahami bahasa tersebut.

Oleh sebab itu diperlukan sebuah 5oftware (penerjemah) untuk bisa menjalankannya. Tidak heran beberapa 5oftware tidak bisa berjalan dengan baik (error) pada sebuah komputer jika bahasa yang digunakannya berbeda.

Inilah funggsi utama dari .Net Framework yaitu sebagai penerjemah atau mengeksekusi sebuah 5oftware agar dapat dijalankan. Biasanya pada sebuah sistem operasi dalam hal ini windows biasanya sudah terdapat .Net Framework, namun belum tentu 5oftware tersebut aktif dan dapat digunakan, untuk itu dalam beberapa sistem operasi windows perlunya install / aktifkan secara manual.

Net Framework 3.5 sendiri sudah termasuk dengan Net Framework versi 1 dan 2 jadi jika anda diharuskan menginstall Net Framework 1 dan 2 anda cukup menginstal Net Framework 3.5 saja.

Sebelum memulai instalasi persiapkan dahulu 5oftware yang dibutuhkan yaitu :

1. Net Framework 3.5 (231 MB)

Note : Jika anda mempunyai DVD instalasi windows 8/ 10 anda tinggal mengcopy pastekan saja folder Sources -> sxs ke Local Disk C.  


TAHAP 1 : Buka CMD lalu jalankan dengan Run as Administrator



TAHAP 2 : Ketikkan comand dibawah ini pada CMD dan tekan enter

Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFx3 /All /Sources:C: \sxs /LimitAccess
*Note : Ganti "C" dengan tempat anda menyimpan Folder "sxs" .  


Tunggu beberapa saat dan proses instalasipun selesai.

Demikian cara install Net Framework 3.5, semoga bermanfaat.

*Update : Saya juga menyediakan Net Framework offline installer, cara menggunakannya gampang ko. :) yang ingin download silahkan download disini. Terimakasih.


Berikut video tutorialnya:



Subscribe to receive free email updates: