Cara Mengecek URL Mati (Broken Link) di Blog Anda


Cara Mengecek URL Mati (Broken Link) di Blog Kamu - Pernahkah kamu masuk ke sebuah situs dimana kamu ingin mendownload atau mengunjungi link yang disampaikan pada artikel tersebut namun ketika di klik yang tampil hanyalah bacaan “404 Page Not Found” ? Ya, itu adalah broken link atau url mati.

Broken link atau url mati pada blog kamu dapat menjadi masalah yang serius jika dibiarkan begitu saja, karena hal tersebut dapat membahayakan performa blog kamu dimata mesin pencari (search engine) seperti google dan bing. Lalu menurunkan peringkat SEO blog kamu, selain itu url yang mati dapat mengurangi tingkat kepercayaan pengunjung kepada blog kamu dan akhirnya pengunjung akan merasa kecewa karena telah ditipu dan berakibat pada penurunan traffic blog kamu.

Oleh karena itu segeralah hapus url mati pada blog kamu. Tapi bagaimana cara mengecek url mati jika jumlah postingan kamu sudah banyak? Cek satu persatu artikel pastilah sangat melelahkan L. Jangan khawatir, di internet sudah banyak sekali tools online yang bisa membantu kamu dalam mengecek url mati di blog kamu. Baiklah ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini :

1.   Kunjungi situs Brokenlinkcheck.com
2.   Isi alamat blog kamu seperti contoh dibawah ini, lalu tekan  Find Broken Links”.



3.   Masukkan captcha/security code, kemudian nanti akan terdapat 2 pilihan namun saran saya gunakan opsi kedua yaitu Report all occurrences of each dead link lalu tekan Find Broken Links Now”.  



4.   Tunggu sampai proses scan tiap halamannya selesai, lama atau tidaknya tergantung dari jumlah artikel yang kamu miliki.  Dan inilah hasilnya jika telah selesai. 



5.   Sampai disini kamu telah selesai memeriksa Broken link atau url yang mati pada blog kamu. Untuk mengetahui letak url yang mati, kamu bisa memilih “url” pada menu Page where found atau jika ingin yang lebih detail kamu bisa memilih “src”.

6.   Untuk cara menghapusnya kamu bisa langsung pergi ke Dashboard blog kamu kemudian pilih artikel yang terkait.

Bagaimana mudah bukan untuk mengetahui sekaligus memperbaiki Broken link atau url yang mati pada blog kamu. Jaga terus kesehatan blog kamu ya demi kenyamanan pengunjung serta untuk SEO blog kamu juga.

Demikian artikel ini saya buat semoga bermanfaat bagi pembaca, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: